4 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli Mouse

0
46
views
Mouse Wireles Ergonomis

Mungkin sebagian besar orang tidak terlalu memikirikan atau menganggap semua Mouse itu sama saja. Sebenarnya tidak juga.

Mouse adalah salah satu bagian perangkat keras yangh paling sering dipakai saat memakai PC atau komputer. Kamu perlu memerhatikan mouse yang cocok untuk kerja atau game. Karena penggunaannya yang berbeda, tentu hal ini bisa mencegah cidera atau luka pada pergelangan tangan.

Baca terus tulisan dibawah ini, agar kamu tau hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli Mouse baru.

1. Pilih Mouse Sesuai dengan kebutuhan Kamu

Bagi sebagian besar orang, mouse dengan tiga tombol (Scroll Wheel sebagai tombol ketiga) dapat membantu dengan baik. Namun, ada beberapa mouse yang di desain untuk membantu dalam beberapa hal.

Source : youtube.com (JDTechGear)

Gaming Mouse

Seorang gamer perlu membeli mouse yang dikhususkan untuk gaming. Ini bukan untuk membuat kamu menjadi gamer yang hebat, tetapi dapat membuat kamu nyaman pada saat bermain.

Mouse gaming terbaik pasti akan menawarkan manfaat ergonomis, yang akan membuatnya nyaman untuk penggunaan yang lama. Dan pastinya mouse ini akan memiliki sensor yang berkualitas lebih baik, dengan tujuan meningkatkan akurasi.

Biasanya mouse gaming disertakan tambahan tombol / macro yang dapat kamu atur untuk menjalankan perintah tertentu. Sebagai contoh, mengganti senjata, menggunakan medkit. 

Banyak mouse gaming diluar sana yang memiliki tombol switch DPI. Dimana kamu bisa membuat DPI tinggi (untuk membuat kursos bergerak lebih cepat) atau DPI rendah (membuat kursor bergerak lambat agar lebih akurat) dengan mudah.

Baca juga : 3 Cara Mematikan Antivirus Windows 10 dengan Mudah

Travel Mouse

Jenis mouse lainnya adalah Travel Mouse. Sebagian besar hanya memiliki dua atau tiga tombol serta sebagian besar tidak memiliki cable atau nirkabel.

Karena memang ditujukan untuk pengguna yang sering berpergian. Mouse ini biasanya dibuat khusus agar dapat masuk keruang sempit, dan seringkali tidak ditujukan untuk penggunaan lama. 

2. Mouse Ergonomis untuk Penggunaan Lama

Mouse ergonomis dirancang khusus agar pas ditangan, sehingga dapat membuat jari dan pergelangan tangan lebih rileks dan nyaman. Mouse ini juga cenderung memiliki tombol tambahan yang mudah dijangkau.

Bentuk mouse ergonomis juga tergantung bagaimana kamu menggunakan mouse. Sebagian memegang dengan posisi tangan datar dengan meja. Ada yang memegang seperti mencengkram.

Ukuran juga menjadi faktor untuk kenyamanan, dan jika kamu kidal akan sedikit lebih sulit, karena sebagian besar diperuntukkan untuk tangan kanan. Jadi pastikan  selalu mencobanya terlebih dahulu pada saat ditoko. Jika membeli online, cek ketersediaan pengembalian barang jika tidak cocok.

Faktor kenyamanan yang jarang diperhatikan adalah suara. Mouse pasti akan menimbulkan suara klik, beberapa orang terganggu oleh suara tersebut. Jadi cobalah untuk mencari mouse dengan fitur noiseless sebagai contoh VicTsing Silent Mouse.

Baca juga : 6 Cara Menonaktifkan Windows 10 Update Otomatis Dengan Ampuh!

3. DPI tinggi bukan berarti lebih bagus

Pada saat membeli mouse. Spesifikasi utama yang sering ada di iklan mouse adalah DPI, atau dots per inch. Ini menunjukkan seberapa jauh pointer mouse akan bergerak pada setiap inch monitor ketika mouse digerakkan.

Contoh monitor 4K, dengan lebar 3840 pixel. Dengan mouse 400 DPI, maka kamu harus menggeser mouse sekitar 25cm pada saat menggerakan pointer dari ujung kiri monitor ke ujung kanan monitor. Sejauh mana jika mouse dengan 3000DPI? Ya, sekitar 3cm kurang.

Pada aturan dasarnya memang terlihat semakin besar DPI maka semakin baik. Tapi tidak sepenuhnya benar. DPI menunjukkan seberapa cepat pointer bergerak, lebih cepat bukan berarti lebih baik.

Lihat beberapa saran dibawah ini:

  • Sebagian besar pengguna “normal” tidak perlu memerhatikan DPI sama sekali.
  • DPI tinggi sangat baik pada penggunaan resolusi tigngi atau pada saat menggunakan multi-monitor. Tentu membantu kamu berganti layar dengan sangat cepat.
  • Saat bermain game, DPI tinggi membuat kamu dapat bergerak dan bereaksi lebih cepat. DPI rendah memberikan akuratan atau ketepatan yang lebih baik. Seorang gamer membutuhkan mouse dengan tombol pengaturan DPI.
  • Untuk editor video atau photo, memerlukan keakuratan tinggi, sehingga DPI rendah akan lebih baik.

4. Perbedaan Optical dan Laser Mouse

Optical Mouse dan Laser mouse
Source: logitech.com

Tipe mouse yang beredar di pasaran saati ini adalah optical dan laser, yang pada dasarnya adalah teknologi yang sama. Perbedaan utamanya yaitu optical mouse menggunakan LED untuk memnatulkan permukaan, sementara laser mouse menggunakan laser untuk membaca gerakan.

Hal ini membuat optical mouse hanya dapat dipakai pada permukaan datar dan buram. Sebagian besar laser mouse dapat berfungsi pada permukaan yang lebih, termasuk kaca.

Laser mouse cenderung lebih sensitif. Sehingga dapat dibuat hingga DPI yang lebih tinggi, yang berarti mouse ini dapat membaca gerakan dengan lebih tepat dan lebih cepat.

Hal ini dapat menyebabkan masalah yang disebut “percepatan”. Dimana pointer mouse bergerak lebih jauh ketika kamu menggerakan mouse dengan cepat dibandingkan menggerakkannya perlahan. Ini adalah mimpi buruk bagi gamer, sehingga lebih banyak gamer memilih untuk tetap menggunakan optik mouse dibandingkan laser.

Hal yang perlu tahu sebelum memilih Mouse

Ketika memilih sebuah mouse, pertimbangkan untuk apa kamu menggunakannya. Desain lebih bagus memilih presisi dan kenyamanan ergonomis laser mouse, gamer membutuhkan stabilitas optical mouse.

Semoga tulisan diatas dapat bantu kamu menentukan mouse yang ingin dibeli. Jangan lupa share tulisan ini ke teman kamu.