Android One Itu Apa? Apakah Kelebihannya?

1
104
views
Android One adalah

Android One istilah yang sering kita dengar belakangan ini. Mungkin kamu masih bingung apa sih Android One dan apakah tujuan serta kelebihanya? Apakah ada di negara Indonesia?

Tujuan Google Terhadap Android One?

Inisiatif Android One diluncrukan oleh Google pada ajang konferensi developer tahunan Google I/O Juni 2014. Saat itu, Google memiliki keinginan Android One dapat membuat miliaran orang di seluruh dunia dapat memiliki smartphone dengan harga murah namun berkualitas yang terhubung ke internet.

Jadi Android One bukanlah proyek agar ponsel atau smartphone murah. Namun, Google ingin seluruh dunia dapat terhubung ke dunia internet.

Dalam konferensi tersebut, Google mengatakan target pertama dari proyek ini adalah negara India, lalu meluas ke negara-negara berkembang lainnya, termasuk Indonesia.

Dalam pembuatannya, Google menggandeng sejumlah vendor lokal di masing-masing negara terpilih. Google menyiapkan rancangan hadrware yang dibutuhkan. Lalu vendor yang telah atau ingin bekerja sama, hanya tinggal membuatnya sesuai konsep yang telah diberikan.

Android One Pertama Kali

September 2014, proyek ini dapat diwujukan pertama kali di negara India. Dimana Google bersama vendor lokal seperti Micromaxx, Spice, dan Karbonn telah membuat smartphone Android One.

Dengan tujuan mempermudah akses smartphone terhadap banyak orang, vendor lokal yang bekerja sama dengan Google juga mematok harga yang terjangkau. Pada saat itu, harga Adnroid One di India maksimal adalah 100 dollar AS atau sekitar 1,2 juta rupiah.

Disamping harganya yang murah, Google menjamin kelangsungan jangka panjang pembaruan piranti lunak yang digunakan ponsel Android tersebut. Jaminan Google bahwa setiap piranti lunak Google dapat di-update secara gratis. Syaratnya dengan memakai kartu SIM operator yang bekerja sama dengan Google.

Di Indonesia sendiri, proyek tesebut sempat hadir. Vendor lokal yang terlibat seperti, Evercoss, Nexxian, dan Mito. Ketiga vendor tersebut melakukan peluncuran pada awal tahun 2015.

Kembalinya Android One di Indonesia

Cukup lama tidak ada kabar, proyek ini kembali sering terdengan disebabkan kemunculannya Xiaomi Mi A1. Xiaomi dan Google yang berusaha menjangkau pengguna di negara-negara berkembang.

Baca Juga : Android P Untuk Xiaomi Mi A1

Tercium sejak akhir Agustus 2017 tahun lalu kerja sama antara Xiaomi dan Google. Hal tersebut dianggap sebagai strategi yang tepat, dilihat Google dan Xiaomi memiliki visi yang kurang lebih sama.

Perusahaan Xiaomi yang fokus pada perangkat-perangkat murah, tentu sesuai denggan proyek Android One. Google diuntungkan sebab Xiaomi juga telah memiliki rekam bisnis yang baik di negara-negara berkembang.

Di sisi lain, keuntungan bagi Xiaomi adalah memiliki sistem operasi Android murni yang lebih baik. Tanpa perlu ada software pendukung MIUI yang sering menambah fragmentasi di smartphone.